Kendari (Antaranews Sultra) - Pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara Rusda Mahmud-Sjafei Kahar berjanji melakukan pemerataan pembangunan antara kota dan desa ketika terpilih pada Pilgub 2018.

"Kita akan dorong kemandirian setiap desa dalam mengembangkan potensi yang ada sehingga perputaran ekonomi tidak hanya terpusat di perkotaan," kata Rusda Mahmud di Kendari, Minggu (6/5) malam.

Ia mengatakan hal itu saat debat Cagub Sultra tahap dua di Aula Bahteramas Kendari.

Ia mengatakan melalui program kemandirian masyarakat di pedesaan maka pertumbuhan ekonomi bisa merata antara perkotaan dan kawasan pedesaan.

"Pemerintah akan penyiapkan pelatihan bagi warga agar menjadi petani cerdas, nelayan cerdas, pedagang cerdas, dan pengusaha kecil cerdas," katanya.

Baca juga: Rusda-Sjafei berjanji ciptakan pengusaha berbasis desa

Pemerintah, kata dia, awalnya memberikan pelatihan dan setelah itu peserta pelatihan akan diberikan pendampingan sampai bisa mengelola sumber daya alam dengan baik.

"Kalau sudah seperti itu masyarakat kita, maka ke depan tidak ada lagi yang kelaparan karena mereka sudah mandiri ekonomi," katanya.

Baca juga: AHY ajak masyarakat Sultra dukung Rusda-Sjafei

Pilkada Gubernur Sultra diikuti tiga pasangan calon, yakni nomor urut 1 Ali Mazi-Lukman Abunawas, nomor urut 2 Asrun-Hugua, dan nomor urut 3 Rusda Mahmud-Sjafei Kahar.


(T.KR-SPR/B/M029/M029) 07-05-2018 04:53:48

Pewarta : Suparman
Editor : M Sharif Santiago
Copyright © ANTARA 2024