Kendari (Antaranews Sultra) - Jerman melirik peluang kebutuhan sektor energi kelistrikan guna mengoptimalkan investasi pembangunan di Kabupaten Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Bupati Konawe Utara Rukaamin melalui telepon dari Wanggudu, Senin, mengatakan utusan investor asal Jerman tersebut sudah beekunjung di Konawe Utara.

"Pemerintah daerah dan masyarakat Konawe Utara membuka diri atas kwlehadiran investor asing yang serius menanamkan modalnya," kata Ruksamin.

Investor asal Jerman berencana menanamkan modal melalui pembangunan listrik tenaga surya dengan kapasitas 150 mega watt.

Jika investasi tersebut terealisasi maka kebutuhan listrik di Konawe Utara, dan Sultra akan terpenuhi, bahkan provinsi tetangga dapat dipasok dari Konawe Utara.

Anggota DPRD Sultra Syamsul Ibrahim mengatakan pemerintah harus cermat menerima calon investor agar berjalan lancar atau tdak ada kesalah pahaman.

"Listrik kebutuhan vital, baik rumah tangga maupun industri namun semua pihak terkait harus memastikan tidak ada masalah," kata Syamsul, politisi PAN.

Ia menambahkan ketersediaan listrik di Konawe Utara menjadi penting sebagai daerah industri pertambangan dan industri pariwisata masa depan.

 

Pewarta : Sarjono
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024