Baubau (Antaranews Sultra) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Baubau, Sulawesi Tenggara bekerja sama dengan Optik Internasional menyerahkan kartu JKN-KIS kepada 50 orang dari dua panti asuhan didaerah setempat.

"Jadi program donasi ini perdana dilakukan di Baubau dan Optik Internasional perusahaan pertama yang mengawali memberikan donasi melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR)-nya," ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Baubau, Tutus Novita Dewi, Jumat.

Ia mengatakan, penyerahan kartu JKN-KIS yang dibiayai oleh optik internasional melalui CSR perusahaan tersebut untuk membantu masyarakat memiliki kartu kesehatan tersebut.

"Kami juga mengimbau perusahaan-perusahaan yang mempunyai CSR dapat membantu masyarakat yang tidak mampu untuk memiliki kartu JKN-KIS," ujarnya.

Tutus mengatakan, program donasi itu bukanlah program yang baru diluncurkan namun sudah lama ada dan dijalankan di beberapa daerah. Hanya saja di Kota Baubau baru perdana karena perusahaan didaerah itu belum terlalu banyak.

"Program donasi ini selain pembiayaan melalui APBD pemerintah daerah, perusahaan-perusahaan bisa membantu masyarakat yang tidak mampu menggunakan CSR-nya," ujarnya.

Baca juga: APBD Baubau 2018 Sebesar Rp1,6 Triliun

Dia juga mengatakan, seluruh penduduk di indonesia pada Januari 2019 ditargetkan sudah harus tercakup di JKN-KIS untuk mendapatkan pelayanan kesehatan menggunakan kartu tersebut.

"Ada beberapa metode yang kita gunakan untuk bisa mencakup seluruh peserta penduduk, seperti sosialisasi di masyarakat dan mengimbau masyarakat untuk mendaftar secara mandiri sesuai kemampuan membayar premi," katanya.

Dia juga mengatakan, terkait dengan program tersebut pihaknya juga masih bernegosiasi dengan rumah sakit Siloam yang mempunyai keinginan melalui donasi itu, termasuk beberapa bank untuk mencapai target kepesertaan.

Karena, menurut dia, saat ini penduduk di Kota Baubau yang sudah memiliki kartu JKN-KIS baru sebesar 73 persen. Bila dirata-ratakan peserta pemegang kartu tersebut di wilayah kerjanya baru mencapai 70 persen.

Baca juga: Sinergitas Pers-BPJS Kesehatan Sebarkan Program Peserta JKN

Sementara, Kepala Optik Internasional Baubau, Septianingsih mengatakan, penyerahan kartu JKN-KIS kepada 50 orang dari dua panti asuhan didaerah itu merupakan kerjasama dengan BPJS Kesehatan.

"Baubau ini baru pertama kali, kalau daerah lain sudah ada. Kalau pun nanti ada penambahan semua tergantung dari kantor pusat kami," ujarnya.

(T.A056/B/Y008/Y008) 06-04-2018 08:12:35

Pewarta : Yusran
Editor : M Sharif Santiago
Copyright © ANTARA 2024