Kendari  (Antaranews Sultra) - Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara, mendorong peningkatan produksi dan populasi ternak sapi di daerah itu.

Bupati Konawe Selatan, Surunuddin, di Kendari, Sabtu, mengatakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah setempat adalah menyiapkan kawasan atau lahan penggembalaan sapi.

"Kami siapkan lahan penggembalaan sapi seluas 500 hektare di Desa Anduna, tetapi yang sudah digarap baru sekitar 100 hektare," katanya.

Dikatakan, dengan adanya lahan penggembalaan sapi tersebut maka bisa ikut mendorong peningkatan populasi sapi karena didalamnya bisa dilakukan barbagai upaya percepatan produksi.

"Karena lahan gembala yang baik harus memahami proses penangkaran dan penanaman pakan dengan melihat kondisi dan cuaca agar lebih efektif dan efisien dalam bertindak," katanya.

Disebutkan, populasi sapi di Konawe Selatan mencapai 67.380 ekor yang tersebar di seluruh kecamatan dan akan terus ditingkatkan.

"Kami akan terus berupaya untuk mendorong peningkatan populasi ternak sapi di daerah itu dengan cara pembinaan para peternak," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024