Kendari (Antaranews Sultra) - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), memastikan bahwa pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2018 di kota itu tanpa masalah.

Ketua Panitia UNBK Kota Kendari, Makmur, di Kendari, Kamis, mengatakan, hal urgen yang menjadi kekhawatiran selama ini yakni ketersediaan komputer dan masalah listrik sudah ada solusi atau antisipasi.

"Dengan persiapan kami yang ada saat ini, maka sepertinya segala sesuatu tentang pelaksanaan UNBK tidak lagi ada masalah, baik itu ketersediaan sarana seperti komputer ataupun masalah listrik," katanya.

Dikatakan, solusi untuk ketersediaan komputer pada sekoah tertentu yang masih kurang, maka setiap sekolah yang akan melaksanakan UNBK akan saling menutupi kekurangan, sebab UNBK di tingkat SMP dan SMA waktunya tidak bersamaan.

"Misalnya saat UNBK tingkat SMP dilakukan, pihak sekolah yang kekurangan komputer dapat menggunakan atau meminjam komputer yang ada di SMA dan begitu juga sebaliknya," katanya.

Baca juga: Sarana Minim, SMAN Unaaha Ikut UNBK

Sementara untuk masalah ketersediaan listrik saat UNBK katanya, pihaknya sudah bersurat kepada pihak PLN agar mengupayakan tidak ada pemadaman saat UNBK.

"Setiap sekolah juga sudah diminta menyediakan genset untuk antisipasi ketika ada pemadaman listrik," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024