Kendari (Antaranews Sultra) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara menerima berkas pendaftaran satu bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan menjadi peserta pada Pilkada Serentak 2018 pada hari pertama pendaftaran dibuka.

"Hari pertama KPU Sultra membuka pendaftaran, hanya satu bakal pasangan calon yang mendaftar," kata Komisioner KPU Sultra Iwan Rompo, di Kendari, Senin.

Ia mengatakan bakal pasangan calon yang mendaftar tersebut adalah pasangan Asrun-Hugua yang diusung oleh PAN, PKS, PDIP, Hanura dan Gerindra.

"Sebenarnya partai PKB dan PPP juga ikut mengusung pasangan tersebut. Namun, karena berkas administrasi pendukung parpol tersebut tidak lengkap sehingga kami menyatakan dua partai itu tidak bisa menjadi partai pengusung pasangan Asrun-Hugua," katanya.

Dikatakan, karena perysaratan pencalohan Asrun-Hugua sudah lengkap maka dilanjutkan dengan tahapan pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani serta narkoba bakal pasangan calon.

"Mulai besok Selasa (9/1) pasangan Asrun-Hugua sudah bisa melakukan pemeriksaan kesehatan di rumah sakit tipe B yang telah ditunjuk," katanya.

Menurut dia, untuk Sultra hanya satu rumah sakit yang ditetapkan sebagai tempat pemeriksaan kesehatan seluruh calon kepala daerah yang akan mengikuti Pilkada di Sultra, baik Pilgub Sultra, mau pun pilkada kabupaten kota.

Selain Pilgub Sultra, terdapat tiga daerah di Sultra yang akan mengikuti pilkada serentak yakni Kabupaten Konawe, Kabupaten Kolaka dan Kota Baubau.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024