Kendari (Antara Sultra) - Pemerintah Kabupaten Konawe Utara, menargetkan kunjungan 500.000 wisatawan mancanegara pada tahun 2018 akan berkunjung di berbagai objek wisata di daerah itu.

"Ini merupakan target dan harapan kami berdasarkan dengan trend kunjungan tahun ini," kata Bupati Konawe Utara, Ruksamin di Kendari, Senin.

Ia mengatakan, salah satu objek wisata yang diyakini akan menarik wisatawan mancanegara adalah Objek Wissata Pulau Labengki yang ada di Kecamatan Lasolo Kepulauan.

"Pulau Labengki saat ini sudah menjadi tujuan wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Sultra selain yang ke Wakatobi," katanya.

Konawe Utara kata Ruksamin, akan mengambil sebagian target kunjungan satu juta wisatawan mancanegara di Sultra tahun 2018.

Selain Objek Wisata Pulau Labengki kata Ruksamin, di Konawe Utara terdapat beberapa objek wisata yang akan menjadi daya tarik wisatawan yakni Air Panas Wawolesea, Danau Telaga Tiga warna, Air terjun Ameseu, Pantai Taipa dan Pantai Pudonggala.

Selai itu, kami akan melaksanakan kegiatan Festival Konasara yang akan dimulai 31 Desember 2017 sampai 6 Januari 2018 yang bertujuan untuk meningkatkan pencitraan negara Indonesia sebagai negara yang mempunyai destinasi pariwisata yang indah, aman, nyaman dan eksotik untuk dikunjungi bagi wisatawan mancanegara wisatawan nusantara.

"Beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan dalam festival Konasara tersebut yakni Kirab budaya (mosehe wonua), pengukuhan lembaga adat dan seminar budaya, lomba/pertunjukan seni budaya (tari lulo/lariangi, musik gambus dan mombesara), lomba karya tulis," katanya.

Kemudian lomba olahraga tradisonal seperti enggrang dan main hadang, kemudian voli pantai dan futsal pantai, lomba pemilihan Luale Anandonia Konasara, lomba fotografi, lomba kuliner, lomba balap perahu katinting, lomba perahu hias, lomba tarik tambang perahu, pesta lampion 11.000 buah dan tari lulo menelusuri Pantai Taipa-Pantai Laimeo.

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024