Kendari, Antara Sultra - Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara, Saleh Lasata, mengatakan kegiatan Kasal Cup 2017 di Teluk Kendari, merupakan momentum untuk memajukan pariwisata di daerah itu.

"Dengan adanya kegiatan ini, pemerintah dapat mengambil kesempatan untuk lebih memajukan sektor olahraga air serta pariwisata bahari di Sultra," kata Saleh Lasata, Jumat.

Ia mengatakan, Sultra merupakan satu dari delapan provinsi kepulauan di Indonesia, sehingga wisata bahari menjadi sektor andalan dalam menggerakkan dan mendorong perekonomian daerah.

"Sekitar 70 persen wilayah Sultra adalah laut, bahkan Wakatobi merupakan bagian dari sepuluh destinasi wisata nasional," katanya.

Ia berharap kegiatan itu bisa menjadi kalender tahunan dan diserahkan pelaksanaannya ke pemerintah provinsi sehingga bisa dianggarkan pembiayannya.

"Kalau memungkinkan kegiatan ini bisa dilaksanakan oleh pemda maka akan memudahkan dalam penganggaran serta bisa menjadi kalender tahunan yang bisa menarik minat wisatawan dan melibatkan masyarakat secara luas dari kabupaten kota," katanya.

Kegiatan Kasal Cup yang dibuka oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI A Taufiq R, mempertandingkan lima cabang olahraga air, kelima cabang olah raga yang dilaksanakan di perairan Teluk Kendari itu, yakni perahu layar, dayung, selam, ski air, serta mancing mania.

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) TNI AL ke-72 diikuti sebanyak 1.119 atlet dipusatkan di Teluk Kendari, Sulawesi Tenggara, 7-9 September.

Pada pembukaan kegitan Kasal Cup 2017 itu dimeriahkan oleh demonstrasi yang dipertontonkan yaitu terjun payung, ski air, jet ski, flypass oleh Pesud Cassa NC 616 dari Skuadron 600 Wing Udara 1 Pusat Penerbangan Angkatan Laut, Boat Remote oleh personel Jakarta Boat Modeling Club.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024