Kendari, Antara Sultra - Sebanyak 28 peserta dari berbagai media cetak, elektronik dan online di Sulawesi Tenggara mengikuti pembekalan sebelum Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sultra, di Kendari, Senin.

Ketua PWI Provinsi Sultra, Sarjono di Kendari, mengungkapkan kegiatan pembekalan pra-UKW bagi peserta sebagai salah satu program kerja prioritas PWI Sultra khususnya bidang pendidikan.

Kemudian syarat serta rujukan berdasarkan peraturan Dewan Pers yang menyebutkan bahwa setiap wartawan yang dinyatakan kompeten setelah lulus mengikuti ujian kompetensi dengan berbagai materi yang diujikan.

"Pembekalan pra-UKW dilakukan hari ini sebagai bentuk tambahan pengetahuan bagi calon peserta sebelum mengikutu UKW yang akan diselenggarakan selama dua hari (15-16 Agustus) di Kendari, dengan menghadirkan tim penguju dari Dewan Pers yang direkomendasi oleh PWI Pusat.

Ia mengatakan, materi pembekalan pra UKW yang diberikan kepada peserta hari ini hanya merupakan dasar-dasar pengetahuan tambahan sebelum mereka UKW yang sebenarnya tim penguji," ujar Sarjono.

Sebelumnya, PWI Sultra juga melakukan UKW pada Mei 2017 PWI yang diikuti sebanyak 23 orang peserta dari berbagai media di Sulawesi Tenggara.

"UKW tahap kedua tahun ini hanya untuk kelas kualifikasi muda, sedangkan kualifikasi Madya dan Utama diharapkan baru akan dilaksanakan pada UKW tahap ketiga yang diselenggarakan akhir tahun 2017 ini.

Wartawan dalam menjalankan tugasnya harus profesionalisme, sehingga wajib bagi setiap wartawan untuk mengikuti ujian kompetensi tersebut," ujar Sarjono yang juga wartawan Antara Biro Sultra.

Data PWI Sultra mencatat, anggota PWI Sultra yang tercacat hingga saat ini tercatat hampir 175 wartawan yang tersebar pada sejumlah media cetak, elektronik dan online, sementara yang sudah dikatakan kompoten (lulus UKW) oleh Dewan Pers baru mencapai 32 persen.

Pewarta : Azis Senong
Editor :
Copyright © ANTARA 2024