Kendari, Antara Sultra - Peluncuran buku berjudul "Di depan Selalu Ada Cahaya" mendapat apresiasi dari ratusan undangan yang hadir dalam acara yang dikemas dalam peluncuruan dan membedah buku setebal 446 halaman itu di Kendari, Senin.

Antara Kendari melaporkan, peluncuran buku yang disponsori Badan Penelitian dan pengembangan Provinsi Sultra itu ditulis tiga pengarang (Yusran Darmawan, Syamsul Anam Ilahi dan Andi Syahrir) itu mengupas kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur dua periode Nur Alam-HM Saleh Lasata dengan akronim "NUSA" dibuka Plt Gubernur Sultra HM Saleh Lasata.

Plt Gubernur Sultra, HM Saleh Lasata mengatakan, kehadiran buku ini setidaknya dapat memberi inspirasi bagi pembacanya terkait kegiatan pembangunan, baik yang sudah dicapai maupun yang sedang dan belum terwujud.

"Saya bangga dan bergembira dengan peluncuran buku ini, semoga bisa diterima dan menjadi tambahan pengetahun bagi pembacanya," kata saleh Lasata, saat membuka acara peluncuran buku yang dihadiri hampir seluruh pejabat eselon dua dan tiga serta beberapa tamu lain seperti ketua DPRD Sultra, anggota DPR dan DPD RI asal Sultra serta mewakili Kapolda, Kajati, Danrem, Danlanal, Danlanud, Perguruan tinggi, tokoh masyarakat, pimpina media massa dan lembaga masyarakat.

Menurut Saleh Lasata, dengan hadirnya buku itu sedikitnya bisa memberi inspirasi, sejarah dan boleh jadi meninggalkan jejak terkait pola kepemimpinan yang dilakukan gubernur "Nusa" selama memimpin daerah Sultra selama dua periode.

Sebelumnya, Gubernur Sultra nonaktif Nur Alam melalui surat yang dibacakan Ny Tina Nur Alam (istri Nur Alam) mengatakan rasa terima kasih kepada semua pihak khususnya Badan Litbang Provinsi yang telah memfasilitasi mulai dari penyediaan data, proses penyusunan hingga peluncuran buku yang ditulis para penulisnya itu.

"Walaupun saya masih dalam proses tahanan KPK, rasa kecintaan kami kepada semua masyarakat Sultra tetap terpatri. Dan hingga saat ini saya masih tetap sehat dan iklas menerima cobaan ini," kata Nur Alam dalam surat itu.

Tina Nur Alam yang juga anggota DPR RI asal Sultra itu, saat membacakan sepatak kata atas mewakili Gubernur nonaktif Nur Alam, mengatakan, dengan hadirnya buku sedikitnya bisa membagi pengalaman suka maupun duka, serta bisa menginspirasi pewaris bagi generasi bangsa di masa datang.

Sementara itu, tiga orang yang diundang khusus dalam membedah buku tersebut yakni Prof. Mahmud Hamundu (mantan Rektor UHO), Dr Muh Yusri (peneliti) dan Nasir Andi Baso (Ketua Bappeda Sultra), saat diberi waktu oleh moderator Rina (TVRI), untuk membedah buku setebal 446 halaman dengan sembilan bab diluar sambutan-sambutan, prakata dan profil penulis.

Saat menanggapi buku tersebut, Mahmud Hamundu mengatakan mengapresiasi terbitnya buku terkait perjalanan kepemimpinan Gubernur dan wakil gubernur Sultra Nur Alam-Saleh Lasata.

"Kita semua yang hadir tentu memberi apresiasi kepada penulis yang telah menulis buku ini, meskipun dalam buku ini masih ada kekurangannya terutama dalam hal suksesi gubernur, yang seharusnya semua gubernur Sultra yang pernah menjabat sebaiknya dilengkapi terkait keberhasilan maupun kekurangannya," katanya.

Dibagian lain, ratusan peserta yang hadir justru ada yang sedikit kecewa karena buku yang diluncurkan itu jumlahnya terbatas, dan yang mendapat buku tersebut hanya kalangan pejabat tertentu saja.

Pewarta : Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024