Kendari, Antara Sultra - Badan Meteorologi, Klimatalogi, dan Geofisika Sulawesi Tenggara menyebutkan hampir seluruh wilayah di daerah ini berawan meskipun ada sebagian daerah alami hujan lokal.

Kasi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Adi Istiyono melalui pesan Whatsapp yang diterima Antara di Kendari, Senin mengatakan hampir seluruh wilayah di Sultra mulai pagi, siang hingga malam hari berawan, kecual di wilayah Lasusua Kabupaten Kolaka Timur alami hujan lokal namun tidak begitu lama.

"Selama dua hari ini, curah hujan sudah mulai berkurang dihampir kabupaten kota di Sultra, namun bukan menjadi jaminan, sebab kondisi cuaca dan gelombang laut di Sultra sering berubah-ubah sehingga warga dihimbau tetap waspada, terutama bagi pengguna jasa transportasi laut untuk selalu meng-update informasi terkini di BMKG," ucapnya.

Ia mengatakan, suhu udara pada wilayah Sultra antara 22-31 derajat celsius, dengan kelembaban udara antara 65-95 persen, kecepatan angin bertiup dari arah tenggara rata-rata per 5-20 kilometer per jam.
Sedangkan perkiraan peringatan dini tinggi gelombang antara 1,25 - 2,5 meter terjadi di perairan Baubau, perairan Kepulauan Wakatobi, perairan Manui Konawe Kepulauan, Laut Banda Timur Sultra, teluk Tolo, Perairan Kepulauan Banggai dan Perairan Kepulauan Sula, Sulawesi Tengah.

Hingga berita ini dibuat, situasi Kota Kendari dan wilayah sekitarnya masih berawan dan sebagaian wilayah mulai cerah, biasanya hujan ringan terjadi pada sore hingga malam hari.

Pewarta : Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024