Baubau (Antara Sultra) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar orientasi petugas pendata keluarga sejahtera se-Kota Baubau, Senin.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Wali Kota Baubau AS Thamrin dan dihadiri kepala BKKBN Sultra Ali Ismail di gedung Skopma Baubau.

"Kegiatan ini sangat penting karena data-data nantinya akan digunakan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah sebagai dasar penetapan kebijakan, penyelenggaraan kependudukan, dan pembinaan keluarga," kata AS Thamrin saat memberikan sambutan.

Dikatakan, pendataan tersebut dalam rangka mendapatkan data base kependudukan di Kota Baubau meliputi laju pertumbuhan penduduk, peserta KB, dan pembangunan keluarga di Baubau.

"Untuk itu, saya sangat berharap PLKB, kader KB serta seluruh peserta orientasi ini dapat mengikuti seluruh kegiatan," katanya.

Kepala BKKBN Sultra Ali Ismail mengatakan pihaknya terus berupaya untuk meningkatkan capaian program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK) tahun 2017 untuk memperbaiki capaian tahun 2016 yang berada di urutan ke-32 dari 34 provinsi.

"Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan capaian program KKBPK di Sultra," katanya.

Disebutkan, capaian peserta KB baru di Sultra sampai Juni 2017 sebanyak 29.684 peserta atau 45,50 persen dari target yang mencapai 65.242 peserta.

Kegiatan yang berlangsung sehari tersebut diikuti 256 peserta dari koordinator PLKB se-Baubau, PLKB se-Baubau, Peran Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) dan sub PPKBD.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024