Kendari (Antara Sultra) - Badan Meteorologi, Klimatalogi, dan Geofisika (BMKG) Sulawesi Tenggara memprediksi gelombang laut dengan ketinggian 2,5 meter terjadi di perairan Wakatobi dan Laut Banda bagian timur Sultra serta perairan Kepulauan Sula.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kendari Adi Istiyono melalui pesan Whatsapp yang diterima Antara di Kendari, Senin, mengatakan perkiraan ombak setinggi itu, juga akan terjadi di perairan Kabupaten Konawe Kepualauan, Buton Utara, dan Buton karena wilayah itu juga berada pada wilayah Laut Banda bagian selatan dan utara.

Menyangkut kondisi prakiraan cuaca terkini di wilayah Sultra, Adi mengatakan pagi hari umumnya berawan kecuali Langara, Kabupaten Konawe Kepulauan, Buranga Buton Utara, Wangi Wangi Wakatobi berpotensi hujan ringan.

Kota Kendari dan Andolo Konawe Selatan, ujarnya, juga diperkirakan hujan ringan.

Pada malam hari, wilayah Sultra umumnya berawan kecuali Wanggudu Kabupaten Konawe Utara berpotensi hujan lokal ringan.

"Dini hari, pada umumnya berawan dan berpotensi hujan ringan di wilayah Rumbia Kabupaten Bombana, Kota Kendari, dan Andolo Konawe Selatan," ujaranya.

Suhu udara pada wilayah Sultra antara 22-30 derajat Celsius, dengan kelembaban udara antara 65-95 persen, kecepatan angin bertiup dari arah tenggara rata-rata per 5-30 kilometer per jam.

Ia juga mengimbau kepada nelayan dan pemilik jasa angkutan laut untuk selalu memperkini informasi terkait dengan perkembangan cuaca dan gelombang laut melalui situs BMKG yang setiap saat mengalami perubahan.

Pewarta : Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024