Kendari, Antara Sultra - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Tenggara, Saleh Lasata, memaparkan dan memperkenalkan potesi pariwisata daerah itu dihadapan tim Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) yang berkunjung di daerah itu.

"Upaya pemerintah untuk membuka dan mengembangkan akses transpsortasi udara menjadikan daerah ini semakin banyak dikunjungi wisatawan untuk menikmati sejumlah objek wisata di Sultra," kata Saleh Lasata, di Kendari, Kamis.

Menurut dia, kebangkitan sektor pariwisata ikut mendorong peningkatan perekonomian daerah dan peningkatan taraf hidup masyarakat di sekitar obyek pariwisata.

"Akses transportasi sekarang di Sultra semakin baik, terutama transportasi udara. Sehingga sapapun yang ingin berkunjung ke Sultra saat ini dapat dilakukan kapan saja," ujarnya.

Terbukanya akses transportasi udara yang menghubungkan beberapa daerah di Sultra tersebut katanya, berdampak pada semakin bergairahnya daerah untuk mengembangkan sektor wisata dengan memanfaatkan potensi wisata di tiap daerah yang sangat banyak jumlahnya.

"Destinasi wisata di Sultra ini tidak hanya Wakatobi yang sudah mendunia itu, tetapi hampir semua daerah memiliki potensi pariwisata dengan keunikan tersendiri," katanya.

Disebutkan, destinasi wisata yang sedang dikembangkan diantaranya Pulau Bokori, Pulau Labengki, Benteng Terluas Keraton Buton, Air Terjun Moramo, Pantai Namu, Pantai Nambo dan sejumlah obyek wisata lainnya.

Ketua Dewan Pertimbangan (Wantimpres) Presiden RI, Sri Adiningsih, dalam kesempatan itu mengapresiasi terhadap potensi destinasi wisata di Sultra.

"Harapan kita, destinasi wisata ini bisa mendorong perekonimian dan mengangkat taraf hidup masyarakat setempat," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024