Kendari, Antara Sultra- Pelaksana tugas (plt) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Saleh Lasata, mengatakan pelantikan bupati dan wakil bupati Buton terpilih hasil pilkada Februari lalu Umar Samiun-La Bakri akan di lantik di Jakarta.

"Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Buton terpilih Umar Samiun dan La Bakri pada 18 Agustus 2017 di Jakarta," kata Saleh Lasata di Kendari," katanya.

Ia mengatakan, alasan pelantikan di Jakarta karena status Umar Samiun sedang dalam masa tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI.

"Saya sudah berkoordinasi dengan Kemendagri terkait rencana pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Buton ini," katanya.

Tehnis pelantikan hingga Umar Samin bisa keluar sementara dari tahanan KPK kata Saleh Lasata, telah diatur oleh Kememdagri.

"Tehnis pelaksanaannya, Mendagri akan bersurat ke KPK agar Umar Samiun bisa mengikuti pelantikan sebagai Bupati Buton terpilih hasil pilkada," katanya.

Dikatakan, Umar Samiun hanya akan dilantik, selanjutnya selang beberapa hari dilakukan penyerahan pelaksana tugas Bupati kepada wakilnya yakni La Bakri.

"Kemudian pada tanggal 22 Agustus 2017 di Kantor Gubernur Ssultra, yang ada hanya penyerahan status Plt Bupati Buton kepada La Bakri," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024