Kendari (Antara Sultra) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mendukung penyelenggaraan Sekolah Lapang Iklim (SLI) untuk kepentingan petani.

Ketua DPRD Sultra Abdul Rahman Shaleh di Kendari, Rabu, mengatakan pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota harus menyikapi serius penyelenggaraan SLI karena dapat meningkatkan produksi hasil pertanian.

"SLI dapat dijadikan pedoman bagi petani untuk mengggarap lahan, menyiapkan bibit dan menentukan musim tanam yang tepat," kata Rahman, politisi PAN.

Pemerintah daerah melalui instansi teknis diharapkan tanggap memfasilitasi petani, baik dalam hal pengadaan bibit, pupuk maupun sarana deteksi iklim.

Secara terpisah pakar Pertanian DR Muhtar Abu, MS mengimbau Badan Meterologi Klimatologi Geofisika bersinergi dengan pemerintah daerah mengadakan SLI untuk meningkatkan produksi hasil pertanian.

"Menanam dengan pola konvesional dipastikan akan menemui kegagalan karena iklim berubah dalam waktu yang tidak menentu," kata Muhtar, dosen pengajar Fakultas Pertanian Universitas Halu Oleo Kendari.

Teknologi mutakhir yang digunakan mengamati dan mendeteksi dini iklim dibutuhkan untuk menjadi pedoman petani dalam menggarap lahan.

Selain instansi tersebut juga prakiraan klimatologi diperlukan bagi nelayan untuk mengetahui kondisi perairan yang rawan gelombang tinggi dan angin kencang. 

Pewarta : Sarjono
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024