Kolaka,  Antara Sultra - Kepal Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kolaka, Sultra, Hj. Asmani Arif, maju pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) daerah setempat pada 2018.

Ketua DPD Nasdem Kolaka Sunaryo Sudjadi, Senin, mengatakan saat ini pihaknya telah menerima tiga pengajuan formulir pendaftaran bagi calon bupati dan wakil bupati.

"Sudah ada tiga bakal calon yang mendaftar melalui partai Nasdem yakni Ahmad Safei (Bupati Kolaka sekarang), Asmani Arif dan Muhammad Jayadin (wabup petahana)," katanya.

Sunaryo menjelaskan, berkas pendaftaran Ahmad Safei dan Muhammad Jayadin diserahkan melalui seorang utusan masing-masing kepada Tim Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPD Nasdem pada Selasa (2/5).

 "Menyusul sepekan kemudian, berkas pendaftaran Asmani Arif juga diserahkan," ungkapnya.

Nasdem kata dia hingga saat ini masih menerima pendaftaran bagi bakal calon yang akan masuk dalam bursa kontestasi Pilkada Kolaka 2018 meskipun hanya bersifat internal partai karena belum ada jadwal resmi dari KPU Kolaka.

 Sementara Sekertaris DPD Nasdem Kolaka, Sumardin menambahkan calon yang akan diusung Partai Nasdem di Pilkada Serentak nanti diputuskan setelah survei dilakukan.

"Mekanismenya, bila lebih dari dua pasang calon bupati yang mendaftar di Nasdem, maka akan dilakukan survei sebagai dasar untuk memutuskan siapa figur yang akan diusung. Tapi, kalau hanya satu calon bupati saja yang mendaftar maka sebelum tahapan Pilkada 2018, Nasdem segera mendeklarasikan calon bupati tersebut," katanya.

Sumardin juga menegaskan, Partai Nasdem dalam melakukan penjaringan calon bupati dan wakil bupati tidak membebankan biaya terhadap calon sesuai dengan arahan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh.

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024