Kolaka, Antara Sultra - Sebanyak 32 mahasiswa mengikuti seleksi National University Debating Championship (NUDC) yang dilaksanakan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Program Studi Bahasa Inggris Universitas Negeri Sembilanbelas (USN) Kolaka.

Rektor USN Kolaka, Ashari saat membuka seleksi itu, Senin, mengatakan, pada 2015 mahasiswa USN masuk dalam peringkat empat tingkat regional meskipun belum lolos ke tingkat nasional.

  "Proses seleksi ini diharapkan bisa memberikan hasil yang lebih baik," katanya.

Ashari juga menjelaskan partisipasi keikutsertaan mahasiswa dalam seleksi itu bukan saja dari FKIP namun semua jurusan yang ada sehingga mahasiswa dan dosen bisa fasih berbahasa Inggris.

Sementara ketua panitia seleksi debat bahasa Inggris, Kadaruddin pada kesempatan itu, melaporkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan oleh pihak universitas, namun pihak FKIP sebagai penanggungjawab kegiatan tersebut secara teknisnya.

"Seleksi yang dilaksanakan ini sebagai upaya untuk menjaring calon debater yang akan mewakili USN pada level yang lebih tinggi yakni seleksi tingkat regional yang akan digelar di Makassar Mei 2017 dan seleksi tingkat nasional yang akan digelar di Palembang pada September 2017," katanya.

Untuk mencapai target itu lanjut Kadaruddin berupaya menjaring mahasiswa secara ketat selanjutnya akan mengikuti training bagi calon delegasi kampus USN.

"Kegiatan seleksi ini berlangsung selama dua hari," ungkapnya.

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024