Baubau, Antara Sultra - Pemerintah Kota Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara menjamin ketersedian kebutuhan pokok (sembako) menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 1438 Hijriah terutama jenis beras.

Kabag Perekonomi Setda Kota Baubau, Ali Hasan, Kamis, mengatakan, saat ini untuk stok beras yang ada di gudang Bulog tersedia sekitar 2.000 ton dan dipastikan dapat mencukupi kebutuhan masyarakat hingga tiga bulan ke depan.

"Pada tingkat distributor, dari 12 pengusaha distributor, rata-rata setiap distributor masih memiliki 100 hingga 200 ton beras, jadi makanya itu untuk kebutuhan beras jelang puasa dan lebaran masih cukup tersedia," katanya.

Ia juga mengatakan, untuk kebutuhan lain, seperti minyak goreng, terigu dan gula pasir masih mencukupi, kecuali komoditi bawang putih stoknya relatif berkurang sehingga sedikit berpengaruhi terhadap harga dipasaran.

"Hal ini di karenakan, daerah penyuplai seperti Surabaya stoknya juga terbatas sehingga berpengaruh terhadap stok di tingkat pengecer," ujar Ali Hasan menambahkan, harga bawang merah saat ini berkisar Rp45.000 per kilogram yang sebelumnya pada kisaran Rp40.000 per kg.

Ali Hasan mengatakan, untuk menjaga kestabilan harga seluruh komoditi tersebut hingga memasuki Ramadhan dan Idul Fitri, pihaknya sudah melakukan koordinasi melibatkan Bulog dan intstansi terkait lain untuk memastikan ketersediaan semua kebutuhan pokok dengan terus melakukan pengawasan.

"Jika memang terjadi gejolak kenaikan harga, maka kita akan gelar operasi pasar untuk menekan laju kenaikan sejumlah harga komiditi tersebut," tutupnya.

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024