Kendari (Antara Sultra) - Ketua DPRD Wakatobi Muhammad Ali mengimbau Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi, agar mempermudah proses pengurusan izin investasi bagi para investor yang berminat menginvestasikan modalnya di kabupaten itu.

"Kalau ada investor yang berminat untuk berinvestasi di Wakatobi, Pemkab Wakatobi sebaiknya tidak membebani investor dengan berbagai macam persyaratan," katanya melalui telepon dari Wangiwangi, Kamis.

Menurut dia, di Wakatobi ada dua sektor potensial yang membutuhkan keterlibatan pihak investor untuk mengelola dan mengembangkannya.

Kedua sektor potensial tersebut kata dia, yakni sektor industri pariwisata seperti industri perhotelan dan restoran, dan sektor industri perikanan seperti industri pengolahan agar-agar dan pengolahan ikan.

"Kalau kedua sektor tersebut dikelola oleh investor secara profesional, maka akan memberi dampak bagi pertumbuhan ekonomi Wakatobi yang luar biasa," katanya.

Selain itu kata dia, pengelolaan sektor pariwisata dan perikanan oleh para investor, juga bisa mempercepat perbaikan tingkat kesejahteraan masyarakat Wakatobi secara keseluruhan.

"Pokoknya, kehadiran investor yang menggarap kedua sektor tersebut di Wakatobi, akan menimbulkan dampak ekonomi yang luar biasa," katanya.

Selain bisa terserap menjadi tenaga kerja kata, masyarakat Wakatobi juga dapat menyediakan berbagai kebutuhan para karyawan perusahaan yang mendirikan industri pengolahan hasil ikan maupun industri perhotelan dan restoran.

"Oleh karena dampak ekonomi yang ditimbulkan oleh kehadiran investor, maka Pemkab Wakatobi seyogyanya membuka pintu seluas-luas bagi para inevstor yang ingin berinvestasi dengan memberikan berbagai kemudahan," katanya.

Pewarta : Agus
Editor :
Copyright © ANTARA 2024