Langara, Sultra, Antara Sultra - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Tina Nur Alam, mendorong Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan, Sultra, melalui dinas terkait untuk meningkatkan kualitas produk usaha mikro kecil dan menegah (UMKM) di daerah itu.

"Produk UMKM Konawe Kepulauan ini sudah layak pasar, tinggal peningkatan kualitas terutama dalam segi kemasan produk agar bisa menarik minat para pembeli," kata Tina Nur Alam saat melihat berbagai kerajinan UMKM Konawe Kepulauan, di Langara, Rabu.

Ia mengatakan, salah satu yang menjadi kendala dalam pemasaran produk UMKM selama ini adalah segi kemasan, meskipun kualitas bagus tetapi jika tidak didukung kemasan yang baik maka mengurangi minat pasar.

"Karena itu, saya harap pemerintah setempat melalui dinas terkait bekerja sama Dekranasda untuk bersama-sama melakukan pendampingan dan pembinaan kepada para perajin untuk menghasilkan produk yang berkualitas dengan kemasan bagus," kata Tina yang merupakan ketua Dekranasda Sultra ini.

Legislator PAN dapil Sultra ini meminta pemerintah setempat untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia pelaku UMKM dalam menghadapi pasar bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN melalui pelatihan.

"Kualitas SDM merupakan faktor utama UMKM dalam berinovasi dan berkreasi dalam kemajuan pengembangan usaha," katanya.

Sekda Konawe Kepulauan, Cecep Trisnajayadi, mengaku kunjungan Ketua Dekranasda Sultra yang merupakan anggota DPR RI tersebut menjadi penyemangat dalam pengembangan produk UMKM di daerah kepulauan itu.

"Melalui dinas terkait kami akan mendorong para pelaku UMKM agar meningkatkan kreativitas dalam menghasilkan produk yang berkualitas yang bisa memenuhi keinginan pasar," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024