Kendari, Antara Sultra - Pemerintah Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, mengikuti kegiatan promosi ekonomi internasional di Singapura pada 13-15 Juli 2017.

Kepala Dinas Kominfo Kota Baubau, Idrus Taufiq Saidi, di Baubau Rabu, mengatakan kesediaan Pemkot Baubau dalam rangka kegiatan promosi Internasional itu setelah Wali Kota Baubau AS Thamrin hadir pada acara dialog nasional bertemukan "Terobosan Pemasaran Potensi Daerah Berdaya Saing Global" yang digelar Kementerian Dalam Negeri RI di Jakarta (14/3).

Ia mengatakan, Kota Baubau bersama sejumlah daerah lainnya dilibatkan pemerintah pusat untuk dapat mengambil peran di sektor ekonomi dan industri nasional pada rencana investasi pemerintah Singapura 2017 dengan nilai 2,1 miliar dolar AS atau setara rp29 triliun.

Dialog nasional yang digelar tersebut sebagai rangkaian awal pelaksanaan Indonesia Investment Week Singapore Chapter 2017 di Marina Bay Sands, Singapura, pertengahan Juli 2017 mendatang rencananya akan dihadiri Presiden Joko Widodo dan 15 Menteri Kabinet Kerja lainnya.`

Idrus Taufiq mengatakan, dengan digelarnya acara itu menjadi momentum sinergi nasional dalam kegiatan promosi internasional Indonesia untuk memaksimalkan daya serap ekonomi internasional melalui arus kegiatan bisnis dan investasi ke seluruh penjuru Nusantara.

"Alhamdulillah, Kota Baubau, salah satu daerah yang diharapkan pemerintah pusat mengambil peran di acara Indonesia Investment Week Singapore Chapter 2017 tersebut, dan tentu berharap Baubau dapat percikan investasi sebesar puluhan triliun dari pemerintah Singapura," kata Idrus Taufiq Saidi.

Salah satu bentuk perhatian Pemkot Baubau, kata Idrus, adalah didaulatnya Wali Kota AS Tamrin mewakili daerah lainnya di Indonesia sebagai penerima penghargaan dari Sekjen Kemendagri Dr.Ir. Yuswandi A. Temenggung atas partispasinya di acara dialog nasional tersebut.

"Ini menjadi kebanggaan, karena Pak wali kota yang didaulat. Itu berarti perhatian besar pemerintah pusat pada Kota Baubau dalam agenda nasional ini," ujarnya.

Dijelaskan Idrus, penyelenggaraan kegiatan Indonesia Investment Week Singapore Chapter 2017 akan dikemas dalam bentuk ekshibisi forum bisnis, dan penjajakan kerja sama dengan pelaku usaha internasional dalam "one on one meeting".

"Kegiatan ini akan mempertemukan lebih dari 5000 pelaku usaha Internasional dari berbagai sektor di Singapura, dengan para pelaku pembangunan nasional," ucap Idrus.***3***(A056)

(T.A056/B/H015/H015) 15-03-2017 16:57:26

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024