Lasusua, Antara Sultra - Dua pendaki gunung yang berhasil dievakuasi tim SAR gabungan kini dirawat di Puskesmas Kecamatan Wawo Kabupaten Kolaka Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Dua pendaki gunung itu, Laode Mufasir dan Khaerah Ummayah ditemukan tim SAR pada Minggu (13/4) di Pos 6 dalam kondisi lemah fisik akibat kekurangan logistik dan dihantam badai saat melakukan perjalanan turun dari puncak gunung itu.

" Saat ditemukan kondisi korban dalam keadaan lemah fisik dan terkena hipotermia ringan," kata Jandri Paendong kepala seksi operasi Basarnas Kendari di posko SAR desa Tinukari, Rabu.

Menurutnya evakuasi hari kelima ini dengan membawa dua korban pendaki gunung yang selamat dari serangan badai di pegunungan itu.

Meskipun demikian kata Jandri masih ada tim evakuasi lainnya yang masih berada di Pos 7 Gunung Mekongga guna menurunkan dua jasad pendaki yang sudah meninggal.

 "Mudah-mudahan kondisi cuaca bisa bersahabat sehingga proses evakuasi jenazah bisa segera dibawa turun ke posko SAR," ungkapnya.

 Pantauan di lapangan ratusan warga desa Tinukari ikut membantu melakukan evakuasi saat dua pendaki gunung tiba di Sungai Rante Angin dan akhirnya dibawa ke puskesmas setempat untuk mendapatkan perawatan medis.

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024