Kendari, Antara Sultra - Tim Basarnas Kendari, Sulawesi Tenggara, menyatakan hingga saat ini masih dua pendaki Gunung Mekongga Kabupaten Kolaka Utara belum ditemukan.

"Cuaca yang sangat buruk di gunung tersebut menghambat pencarian yang dilakukan oleh tim gabungan," kata Humas Basarnas Kendari, Wahyudi, di Kendari, Senin malam.

Ia mengatakan, dari empat pendaki yang sebelunya dinyatakan hilang baru dua orang yang sudah berhasil ditemukan dan dievakuasi di posko utama saat ini yakni di Desa Tinokari.

"Dua pendaki yang sudah dievauasi berada di posko uata saat ini adalah La Ode Mufazir (27) dan Khairat Umayah (25). Mereka sudah mendapatkan perawatan medis," katanya.

Sementara dua orang lagi pendaki yang belum diketahui keadaannya yakni Edi Muliadi alis Edi dan La Ode Fitra alis Toto.

"Malam ini tim masih kesulitan melakukan pencarian karena cuaca ekstrim. Kita berharap, tim gabungan segera menemukan dua pendaki tersebut," katanya.

Sebelumnya, Basarnas Kendari, menyatakan empat pendaki Gunung Melongga di Kabupaten Kolaka Utara Sultra dilaporkan hilang.

"Jumat (10/3) pukul 13.30 WITA kami laporan dari bapak Rohim dan bapak Lili Anggagia (tim pendaki pencinta alam) bahwa pada tanggal 08 Maret pukul 10.00 WITA Empat org terpisah saat melakukan pendakian di Gunung Mekongga," kata Wahyudi.

Setelah mendapat laporan itu katanya, pada pukul 13.45 WITA Tim Rescue Pos SAR Kolaka diberangkatkan menuju tempat kejadian musibah (TKM) dengan membawa alat pendukung lengkap lainnya untuk melakukan Pencarian.

Disebutkan, data korban yang dinyatakan hilang tersebut yakni Edi Mulyadi/27thn/laki-laki, Laode Fitra alias Toto/20thn/laki-laki, La Ode Musafir/27thn/laki-laki dan Khairat Umayah/25thn/lakilaki.

Adapun unsur yang terlibat di lapangan yakni Polsek Ranteangin, SAR USN Kolaka, Pramuka, PMI Kolaka dan KPA Kolaka.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024