Pasarwajo, Antara Sultra - Ketua Panwaslu Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, Darmin mengatakan proses pemungutan suara pilkada Buton pada Rabu (15/2) berjalan lancar, tertib dan kondusif.

"Hasil pengawasan di berbagai tempat pemungutan suara atau TPS, menunjukan pesta demokrasi di kabupaten ini berjalan lancar, tertbi dan kondusif," katanya di Pasarwajo, Kamis.

Sejak proses pemungutan suara dimulai hingga perhitungan suara selesai, kata dia, tidak ada satu pun laporan yang masuk di Panwaslu mengenai gangguan atau keamanan ataupun menyangkut kecurangan pilkada.

Seluruh warga pemilih di tujuh wilayah kecamatan kata dia, mendatangi TPS-TPS yang telah disediakan dengan tertib dan menyalurkan hak suara masing-masing tanpa hambatan.

"Saya pikir, pesta demokrasi di Buton yang hanya diikuti satu pasangan calon, berjalan sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku," katanya.

Menurut dia, dalam melakukan pengawasan di Pilkada Buton, Panwaslu membagi tiga zona, yakni Zona Lasalimu, Pasarwajo dan Zona Siotampina.

Masing-masing zona kata dia dipimpin satu koordinator pengawas dengan melaporkan hasil pengawasan dalam tiga tahap pula.

"Tahap pertama melaporkan proses awal pelaksanaan pemungutan suara, tahap dua proses pehitungan suara dan tahap tiga melaporkan hasil perhitungan suara di setiap TPS," katanya.

Ia mengatakan, Panwaslu Buton menempatkan satu pengawas di setiap TPS yang bertugas mengawasi proses pemungutan suara dan perhitungan suara di dalam TPS.

"Sejak proses pemungutan suara dimulai hingga perhitungan suara selesai, pilkada Buton berjalan lancar dan tertib," katanya.

Pewarta : agus
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024