Batauga, Antara Sultra - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sulawesi Tenggara, Nursalam Lada, mendorong Pemerintah Kabupaten Buton Selatan untuk mengembangkan pariwisata karena potensi pariwisata di kabupaten tersebut cukup menjanjikan.

"Saya baru saja meninjau beberapa objek wisata di Buton Selatan. Saya menilai sejumlah objek wisata di kabupaten tersebut bisa menarik minat banyak wisatawan untuk mengunjunginya," katanya seusai melakukan reses di Buton Selatan di Batauga, Minggu.

Menurut dia, wilayah Buton Selatan yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari pulau-pulau kecil, memiliki banyak objek wisata, baik wisata bahari, wisata pantai, kuliner maupun wisata sejarah.

Di kabupaten tersebut kata dia, berdasarkan cerita dari leluhur maysarakat setempat terdapat makam Gaja Mada, Raja Majapahit yang amat tersohor pada zamannya.

"Masyarakat setempat mengabadikan nama Majapahit menjadi nama salah satu kelurahan di Batauga, Buton Selatan," katanya.

Sementara wisata bahari, terdapat Pulau Liwutongkidi berpasir putih di mana alam bawahnya lautnya dihuni beragam jebis terumbu karang, ikan dan biota laut lainnya.

"Kalau berbagai objek wisata yang dimiliki Buton Selatan tersebut dikelola dan dikembangkan dengan baik, bisa menjadi sumber kesejahteraan masyarakat," katanya.

Selama dua tiga hari melakukan reses di Buton Selatan, Nursalam sempat meninjau objek wisata pantai Jodoh yang terletak di Kecamatan dan Batauga dan Kelurahan Majapahit.

Pewarta : agus
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024