Baubau, Sultra, Antara Sultra - Pemerintah Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, fokus mengembangkan sektor industri pariwisata yang potensinya di kota tersebut cukup besar.

"Baubau sebagai kota bekas pusat pemerintahan Kesultanan Buton, memiliki banyak objek wisata, baik wisata alam, wisata bahari, maupun wisata sejarah dan budaya," kata Wali Kota Baubau A.S. Thamrin di Baubau, Senin.

Objek wisata alam di Baubau, misalnya permandian air terjun Tirta Rimba di Kecamatan Kokalukuna dan Bukit Wantiro di Kadolo.

Wisata bahari, kata dia, Pantai Nirwana yang berpasir putih dan Pulau Makassar yang di alam bawah lautnya memiliki berbagai jenis terumbu karang, beragam jenis ikan, dan biota laut lainnya.

"Sejumlah objek wsata tersebut saat ini tengah kami promosikan ke berbagai daerah di Indonesia, dengan harapan wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara dapat mengunjungi Kota Baubau," katanya.

Dia mengatakan di dalam Kota Baubau terdapat Benteng Keraton Buton yang menjadi pusat pemerintahan kerajaan dan Kesultanan Buton masa lampau.

Di dalam benteng tersebut, kata dia, terdapat istana raja atau sultan yang di dalamnya banyak tersimpan peninggalan sejarah, seperti alat-alat perang zaman lampau.

"Di dalam istana kerajanan/kesultanan banyak tersimpan benda-benda pusaka, seperti tombak, keris, pakaian kebesaran kerajaan dan lain-lain," katanya.

Pewarta : agus
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024