Jayapura (Antara News) - Wakil Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Brian McFeeters menanyakan situasi keamanan di Provinsi Papua, saat berdiskusi dengan Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw, di Kota Jayapura, Kamis.

         "Dalam pertemuan itu Wakil Kedubes AS Brian McFeeters yang didampingi sejumlah pejabat sempat mempertanyakan situasi keamanan di Papua," kata Irjen Waterpauw, seusai menerima kunjungan kehormatan Wakil Kedubes AS untuk Indonesia itu.

         Ia mengatakan selain menanyakan situasi keamanan di Papua, Brian juga menanyakan penyelesaian kasus-kasus pelanggaran hak azasi manusia (HAM) yang pernah terjadi di Papua.

         Waterpauw kemudian menjelaskan secara rinci perkembangan penyelesaiannya kasus tersebut.

         Selain situasi keamanan dan HAM, dalam pertemuan yang juga dihadiri para pejabat di lingkungan Polda Papua, Wakil Kedubes AS itu juga menyampaikan rencana penandatanganan kesepakatan kerja sama dengan Gubernur Papua Lukas Enembe.

         AS melalui lembaga donornya USAID telah membantu polisi Indonesia dalam bentuk pelatihan.

         Waterpauw pun mengakui dalam pertemuan yang berlangsung penuh persahabatan itu, ia juga menyampaikan bahwa Polda Papua sudah memiliki tempat perlindungan bagi anak dan wanita yang menjadi korban kekerasan.

         "Anak dan perempuan yang menjadi korban kekerasan itu dapat berlindung selama proses hukum atas kasus yang menimpanya," kata Waterpauw.

Pewarta : Evarukdijati
Editor :
Copyright © ANTARA 2024