Kendari (Antara News) - Pemerintah Kota Kendari meminta kepada Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) setempat untuk mengembangkan potensi kerajinan yang ada di daerah itu.

Wali Kota Kendari, Asrun di Kendari, Kamis, mengatakan Dekranasda adalah mitra kerja pemerintah yang diberi tugas untuk menggali dan mengembangkan inovasi kerajinan agar memiliki daya saing yang tinggi.

"Saya harap Dekranasda bisa menjalankan misinya menggali dan mengembangkan kerajinan tangan, meningkatkan usaha perajin," kata Asrun.

Ia mengatakan, hal yang paling utama adalah peningkatab kualitas dan desain produk kerajinan serta memperluas jaringan pemasaran produk kerajinan.

Asrun juga meminta kepada masyarakat di kota itu dapat terus berkarya dengan inovatif bagi pembangunan, sehingga bisa menyejahterakan seluruh masyarakat.

"Dekranasda harus hadir dalam mendampingi dan mendorong warga berkreatif mengembanngkan kerajinan yang bernilai ekonomi tinggi," katanya.

Dia menyebutkan, beberapa kerajinan Kota Kendari adalah kerajinan rotan, anyaman bambu, anyaman sorume, gembol, kerajinan perak dan tenun lokal.

"Kita harus berpikir inovatif, tidak hanya kerajian tetapi mulai mengembangkan kegiatan-kegiatan seperti kepariwisataan dan ekonomi kreatif yang dinilai bisa meningkatkan perekonomian kita," ujarnya.

Pewarta : Suparman
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024