Kolaka (Antara News) - Kantor Kementerian Agama Sulawesi Tenggara berencana membangun pondokan pesantren khusus bagai siswa sekolah luar biasa yang ditargetkan selesai pada 2017.

Kepala Kantor Kementerian Agama Sultra, Ali Irfan di Kolaka mengatakan pihak kini sementara melakukan pembicaraan dengan Kementerian Agama terkait rencana pembangunan ponpes itu.

"Inilah mimpi kami yang ingin membangun madrasah yang inklusi mulai dari tingkat ibtidayah hingga aliyah yang bersifat `boarding school," katanya.

Lahan persiapan pembangunan madrasah ini, kata dia sudah disiapkan di wilayah Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan seluas 12 hektar yang dihibahkan dari masyarakat. "Kalau lokasinya kita sudah ada hibah dari masyarakat dan memiliki sertifikat," ungkap Irfan.

Irfan juga menjelaskan langkah ini akan dilakukan bersama dengan Dirjen Pendidikan Islam agar pembangunan pondokan pesantren khusus siswa luar biasa itu bisa dibangun tahun 2017.

Kalau ini terwujud lanjut dia, akan menjadi "pilot project" seluruh provinsi yang ada di Indonesia dan menjadikan Sulawesi Tenggara sebagai salah satu kiblat pendidikan. "Ini belum ada di daerah lain batu Sultra yang mengusulkan," jelas Irfan.

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024