Oleh Suparman
Kendari (Antara News) - Ribuan massa simpatisan, Jumat, menghadiri deklarasi pasangan bakal calon Walik Kota dan Wakil Wali Kota Kendari Muhammad Zayat Kaimoeddin-Suri Syariah Mahmud untuk maju pada pemilihan kepala daerah (Pilkada serentak tahun 2017.
Deklarasi tersebut dihadiri seluruh ketua partai pengusung antara lain Ketua DPD Partai Demokrat Sultra Muhammad Endang, Ketu DPD Partai Hanura Sabri Manomang, Ketua DPD PDIP Sultra Hugua dan Ketua DPW PPP Sultra Rasyid Sawal.
Muhammad Endang saat berorasi mengatakan pasangan Muhammad Zayat-Suri Syahria Mahmud yang diakronimkan dengan sebutan "Zayat Syahria" adalah pasangan komplit karena perpaduan birokrasi dan politisi.
"Oleh karena itu mari kita satukan tekad untuk memenangkan pada pilkada Kota Kendari. Mari kita kampanye dengan santun, baik dan benar," katanya.
Rasyid Sawal juga mengatakan alasan memilih Zayat Syahria karena akan mampu mengatasi berbagai permasalahan sosial yang ada di Kota Kendari.
Sabri Manomang juga menegaskan bahwa partainya sangat pasangan Zayat Syahria yang mampu membawa Kota Kendari ke arah yang lebih baik dan Kendari bisa lebih maju dari saat ini.
"Dengan pengalaman Zayat Kaimoeddin di birokrasi mulai berkarir dari pemerintah kelurahan hingga penjabat bupati, maka bisa membawa kesejahteraan masyarakat Kendari," katanya.
Hugua juga meyakinkan masyarakat agar jangan ragu memilih pasangan Zayat Syahria karena Zayat telah memiliki kemampuan dan pengalaman di birokrasi, dan dia juga merupakan putra mantan Gubernur Sultra dua periode La Ode Kaimoeddin yang dikenal sebagai "Bapak Pembangunan" di Sultra.

Usai deklarasi tersebut, rombongan pasangan Zayat Syahria mendaftar ke KPU Kota Kendari, yang diterima oleh Ketua KPU Kendari, Hayani Imbu dan empat anggotanya yakni Yasir, Sainal Abidin, Wahid Daming dan Ade Suerani.

Pasangan tersebut didaftarkan oleh koalisi empat partai pengusung yakni Partai Hanura, Partai Demokrat, PDIP dan PPP. Empat partai pengusung memiliki akumulasi 11 kursi di DPRD Kendari yakni Demokrat empat kursi, PDIP empat kursi, Hanura dua kursi dan PPP satu kursi.

Ketua KPU Kota Kendari Hayani Imbu mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan berkas syarat pencalonan sudah memenuhi.

Turut hadir dalam pendaftaran itu adalah Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PDIP Sultra Hugua, Ketua DPW Partai Demokrat Sultra Muhammad Endang, Ketua DPW Partai Hanura Sultra Sabri Manomang dan Ketua DPW PPP Sultra Rasyid Sawal.

Pewarta : Suparman
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024