Kolaka (Antara News) - Bupati Kolaka Ahmad Safei mengingatkan kepada tim anggaran Pemerintah daerah (TPAD) untuk segera menyusun rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah (RAPBD) tahun 2017.

"Tiga bulan ke depan ini sudah memasuki tahun 2017 merupakan waktu yang sangat singkat untuk menyusun anggaran baru. Oleh karena itu waktu yang tersedia ini kita harus manfaatkan semaksimal mungkin sehingga APBD tahun 2017 bisa ditetapkan tepat waktu," katanya di Kolaka, Jumat.

Safei menjelaskan dalam penyusunan RAPBD tahun 2017 agar menggunakan pendekatan yang lebih fokus pada program kerja yang berkaitan langsung dengan prioritas nasional.

Selain itu juga, lanjut Safei, harus singkron dengan prioritas pembangunan daerah yang menyentuh langsung kepentingan masyarakat melalui perencanaan yang matang. "Penyusunan RAPBD tahun 2017 harus melalui perencanaan yang holistik, tematik, terintegrasi dan spasial," kata mantan Sekda Kabupaten Kolaka.

Safei juga menjelaskan, tahapan pelaksanaan APBD tahun 2016 akan segera berakhir, sehingga ia menginstrusikan kepada seluruh SKPD harus memanfaatkan waktu yang tersisa dalam melaksanakan program dan kegiatan di lapangan. "Langkah ini dilakukan agar sasaran yang telah ditetapkan dapat tercapai," ujar Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kolaka itu.

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024