Kendari (Antara News) - Pemerintah Kota Kendari akan menaikkan insentif bagi tenaga atau petugas kebersihan sebagai penghargaan atas perolehan Adipura selama delapan tahun berturut-turut.

"Prestasi Kota Kendari yang meraih Adipura delapan tahun berturut-turut bahkan Adipura Kencana dua kali berturut-turut dan terakhir adalah Adipura Buana merupakan buah kerja keras dari ratusan petugas kebersihan kota," kata Wali Kota Kendari, Asrun, di Kendari, Rabu.

Asrun mengaku belum menetapkan besaran kenaikan insentif tersebut karena harus disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah. "Kami akan lihat di ABPD-Perubahan 2016 pada September mendatang," kata Asrun.

Kepala Dinas Kebersihan Pertamanan dan Permakaman Kendari Tin Farida mengatakan, jumlah petugas kebersihan lepas saat ini 450 orang. "Besaran honor yang diterima bervariasi tergantung pada bidang pekerjaan," katanya.

Disebutkan, untuk buruh sampah digaji Rp800 ribu per bulan, penyapu jalan dan penguras drainase masing-masing Rp700 ribu dan Rp 600 ribu.  Selain gaji pokok, kata Tin Farida, pasukan kuning itu juga mendapat tambahan lembur Rp240 ribu per bulan.

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024