Baubau (Antara News) - Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau, Kamis menggelar rapat persiapan menyambut Piala Adipura kedua yang diraih daerah itu untuk diarak keliling kota sebagai wujud syukuran atas kerja keras pemerintah dan masyarakat dalam mempertahankan piala di bidang lingkungan tersebut yang pernah diraih tahun 2015.

Sekretaris Daerah Kota Baubau Muhammad Djudul mengatakan, piala adipura tersebut rencananya akan diserahkan langsung Presiden Joko Widodo kepada walikota Baubau AS Tamrin di Provinsi Kepulauan Riau pada 23 Juli 2016, dan sesudah itu pada 25 Juli 2016 Wali Kota Baubau akan disambut di Bandara Betoambari untuk selanjutnya di arak keliling Kota Baubau.

"Konvoi dan syukuran ini bukan berlebihan, tapi merupakan momentum dan bagian dari sosialisasi atas kinerja pemerintah dan masyarakat dalam mempertahankan adipura yang telah kita raih kembali," ujar Djudul saat memimpin rapat yang dihadiri para asisten, kepala SKPD, camat dan lurah se-Kota Baubau.

Dia mengatakan, dalam penyambutan piala adipura nanti, juga akan disemarakan kegiatan tradisi Pakande-kandea (makan-makan) di Pelataran Kantor Walikota Baubau usai pelaksanaan konvoi keliling piala adipura itu.

Selain itu, lanjut dia, sebelum dilakukan arak-arakan keliling kota, juga dipersiapkan tarian penyambutan di Bandara, yang kemudian konvoi keliling kota yang berakhir di Kantor walikota Baubau.  

"Petunjuk bapak walikota Baubau dengan penyambutan adipura tahun sebelumnya tidak dengan euforia yang berlebihan, tetapi wajar kalau kinerja yang sudah dilakukan digelar syukuran," katanya seraya mengatakan, acara penyambutan dan arak-arakan piala adipura juga akan melibatkan putra-putri duta lingkungan di daerah itu.

Dalam rapat tersebut, masing-masing SKPD ditugaskan untuk menyiapkan dua talang (wadah berisi makanan), begitu pula para camat, lurah dan kepala sekolah masing-masing satu talang untuk menu santap siang bersama usai pelaksanaan konvoi tersebut.
 
"Kali ini (penjemputan adipura) kita kemas dalam beberapa kegiatan tambahan seperti pakande-kandea. Oleh karena itu, diharapkan kepada kepala SKPD, camat dan lurah untuk menyiapkan kebutuhan acara tersebut," katanya.

Pewarta : Yusran
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024