Baubau (Antara News) - Polda Sultra melakukan pemantauan pengamanan Idul Fitri 1437 Hijriah di Kota Baubau sebagai wujud agar pelaksanaan lebaran di daerah itu berjalan dengan aman, nyaman dan kondusif.

Inspektur Bidang Operasi Polda Sultra AKBP Sempana Sitepu di Baubau, Minggu, mengatakan pemantauan pengamanan khususnya terhadap aparat Polres Baubau dalam operasi Ramadniya tahun 2016 untuk melihat kesiapan yang telah dan sedang dilaksanakan.

"Tugas kami melakukan pemeriksaan tentang kesiapan pengamanan di Polres Baubau dalam pelaksanaan pengamanan Idul Fitri ini, dan saya melihat sudah berjalan sangat baik dengan didukung posko yang memadai," ujar Sempana.

Menurut dia, operasi posko pengamanan Idul Fitri tersebut tidak hanya aparat Polres Baubau, tetapi sejumlah instansi terkait seperti TNI, Pemkot Baubau, SAR, PT Pelni, PT ASDP dan institusi terpadu lainnya yang bertujuan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat.

"Kita ketahui jalur pemudik untuk wilayah Sultra khususnya Baubau lebih banyak menggunakan jasa transportasi laut. Oleh karena itu, kerja sama di posko yang di bangun di Pelabuhan Murhum Baubau ini sudah berjalan dengan maksimal dan memadai, baik segi lokasi posko maupun personil," ujar mantan Kepolres Muna ini.

Sempana mengatakan, selain wilayah Kota Baubau, pihaknya juga memantau kesiapan pengamanan di Kabupaten Muna, Wakatobi dan Kabupaten Buton, dan umumnya kondisi daerah itu saat ini masih aman, terkendali dan kondusif.

Ia juga mengimbau masyarakat agar memanfaatkan posko pengamanan yang disiapkan di pelabuhan itu, dan bila ada hal terkait tindak kejahatan bagi pemudik yang menggunakan jalur transportasi laut, udara, dan darat.

Sementara, Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kota Baubau Marlent Manurung mengatakan, sejauh ini pihaknya bersama instansi terkait yang terlibat di posko terpadu Idul Fitri terus memberikan perhatian kepada para pemudik yang akan menggunakan jasa melalui transportasi laut.

"Selama pengoperasian posko ini kami selalu siap memberikan kenyamanan kepada para pemudik. Oleh karena itu, setiap ada kapal yang akan ditumpangi oleh pemudik, kami selalu memberikan informasi melalui posko yang disiapkan ini, baik terkait keberangkatan maupun keterlambatan kapal," katanya.

Pewarta : Yusran
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024