Kolaka (Antara News) - Menjelang sepekan Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriyah aktivitas penumpang yang menggunakan jasa penerbangan di Bandara Sangia Ni Bandera Kabupaten Kolaka masih normal.

Kepala Unit Penyelenggara Teknis Bandara Sangia Nibandera Kolaka, Rodi di Kolaka Selasa mengatakan meskipun arus penumpang masih norma saat ini, namun pihaknya telah mengantisipasi terjadinya lonjakan jumlah penumpang pada musim mudik lebaran tahun ini. "Kita sudah persiapkan berbagai pelayanan untuk para penumpang dengan membuat posko arus mudik lebaran," katanya.

Selain itu personel juga disiapkan selama arus mudik dan arus balik Lebaran tahun ini yang akan menggunakan dua maskapai penerbangan, yakni Wings Air dan Susi Air.

Dua maskapai penerbangan itu, kata dia, akan melayani rute yang berbeda yakni pesawat Wings Air melayani rute Kolaka-Makassar setiap hari dengan tiga kali penerbangan.

Sementara Susi Air Rodi melayani rute penerbangan Kolaka-Bone, Kolaka-Bua dan Kolaka-Tana Toraja. "Kalau memang terjadi lonjakan penumpang menjelang lebaran nanti maka kami segera melakukan evaluasi dan koordinasi kepada maskapai untuk menambah jadwal penerbangan," jelasnya.

Rodi juga menjelaskan para kru pesawat nantinya sebelum melakukan penerbangan akan melakukan pemeriksaan urine yang dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional demi keselamatan penumpang yang menggunakan jasa penerbangan itu.

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024