Kolaka (Antara News) - PT Pelayaran Nasional (Pelni) membuka pelayaran laut Kolaka-Baubau menggunakan KM Jetliner yang berkapasitas angkut 600 penumpang.

Kepala Syahbandar Kolaka Junaidi di Kolaka Kamis mengatakan berlabuhnya kapal KM Jetliner di Pelabuhan Nusantara Kolaka membantu masyarakat utamanya warga Bau Bau yang ada di Bumi Mekongga.

"Selain rute pelayaran Kolaka- Baubau, kapal Pelni ini juga melayani rute Baubau-Wanci," katanya.

Sementara untuk jadwal keberangkatan kapal Pelni itu sekali dalam seminggu yakni hari Kamis.

"Kami mengharapkan dengan adanya moda transportasi laut itu milik Pelni ini bisa meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya yang berada di Kepulauan," ungkap Junaidi.

Sementara kapten KM Jetliner Elvi Gunawan usai melakukan sandar perdana di pelabuhan Nusantara Kolaka menjelaskan selain mengangkut penumpang kapal itu juga bisa mengangkut kendaraan.

"Hanya saja kondisi pelabuhan yang tidak memungkinkan untuk mengangkut kendaraan diatas kapal karena kerendahan," katanya.

Elvi juga menambahkan harga tiket rute Kolaka-Bau Bau berkisar Rp90.000 dengan jarak waktu tempuh sekitar 10 jam sampai pelabuhan Murhum Kota Baubau.

Selanjutnya untuk rute Baubau-Wanci harga tiketnya berkisar Rp80.000 dengan jarak tempuh sekitar tujuh jam.

 "Fasilitas yang ada di dalam kapal itu selain restoran juga disiapkan musholla bagi penumpang," ungkap Elvi.

 Sementara untuk rute Kolaka-Makassar, Elvi menjelaskan tidak punya kewenangan dan ditentukan oleh tim evaluasi.

"Kalau rute Kolaka-Makassar itu kewenangan Kementerian Perhubungan karena mereka yang bisa menyetujui masalah penentuan rute," jelasnya.

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024