Kolaka (Antara News) - PT Antam Tbk Unit Bisnis Pertambangan Nikel (UBPN) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengoperasikan peralatan `elektric furnace-2` untuk meningkatkan produksi perusahaan itu pada tahun 2016.

General Manager PT Antam UBPN Sultra Tri Hartono di Kolaka Senin mengatakan pekerjaan `recovery transformer furnace 2` ini bisa diselesaikan kurang lebih 10 bulan sejak dilakukan perbaikan.

"Banyak tantangan dan hambatan yang dialami selama proses perbaikan transformer karena ini merupakan kejadian yang baru pertama kali, namun dengan usaha dan kerja keras semua pihak, proses perbaikan ini bisa diselesaikan lebih cepat dari jadual awal," katanya.

Menurut dia, perusahaan Antam menyadari bahwa dengan kerusakan transformer furnace-2 itu menjadi hikmah bagi manajemen, dan banyak pembelajaran yang bisa dipetik dari kejadian ini.

Untuk itu, kata dia, ke depan harus lebih memperhatikan kondisi peralatan di pabrik dan lebih meningkatkan pengawasan, sehingga kejadian serupa tidak terulang lagi.

"Dengan operasinya electric furnace-2 ini diharapkan pabrik feronikel unit II bisa berkontribusi besar dalam memenuhi target produksi tahun 2016 sebanyak 20.000 ton nikel, di samping kontribusi dari pabrik feronikel III dan IV," ungkap Tri Hartono.

Sementara Direktur Operasi PT Antam Tbk Agus Zamzam Jamaluddin mengatakan direksi sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas kerja keras semua pihak perusahaan dalam mengatasi kerusakan tersebut, dengan mengambil langkah-langkah percepatan dan seefisien mungkin untuk memperbaiki unit transformer electric furnace-2 ini.

"Alhamdulillah hari ini kita telah masuki salah satu tahapan penting yakni switch on electric furnace 2 ini," ujarnya.

Menurut dia, dengan beroperasikannya electric furnace-2 ini, seluruh peralatan pabrik ini jauh lebih baik dan kesiapan juga lebih baik, sehingga diharapkan semua tahapan berjalan dan memberikan nilai tambah bagi karyawan Antam.

"Selain memberikan manfaat kepada karyawan juga kepada masyarakat dan `stake holder`," ujar Zamsam

Pada acara pengoperasian Switch On Electric Furnace 2 itu dihadiri Direktur Operasi PT Antam Tbk Agus Zamzam Jamaluddin, GM UBPN Sultra Tri Hartono, Deputy GM Operation Nilus Rahmat, Vice President Feni Plant Khaidir Said, Vice President HR And CSR Hakim Nur Mampa, Vice President Finance Aji Priyo Anggoro dan Vice President MOS Hendra Wijayanto.

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024