Kendari (Antara News) - Pemerintah Kota Kendari menargetkan mampu panen hingga tiga kali dalam setahun dengan pelaksanaan program percepatan tanam.
"Dari total luas sekitar 850 hektare sawah di Kota Kendari, kita menargetkan sebagian bisa melakukan panen tiga kali setahun," kata Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kendari, Zainal Arifin, di Kendari, Selasa.
Menurut dia, sekitar 150 hektare sawah ditargetkan bisa melakukan panen tiga kali setahun, dan selebihnya bisa lakukan panen dua kali setahun.
"Kalau kita lakukan percepatan tanam dan didukung pengairan, maka pola tanam tiga kali setahun bisa terealisasi," katanya.
Ia mengaku, telah melakukan berbagai langkah untuk mengantisipasi masalah yang mungkin muncul terkait produksi padi ini.
"Termasuk menggalakkan indeks penanaman padi tiga kali setahun kepada petani dengan melibatkan seluruh tenaga penyuluh yang ada," katanya.
Ia mengatakan kota Kendari merupakan salah satu daerah penyangga produksi beras di Sultra diharapkan bisa memenuhi kebutuhan lokal.
"Meskipun Kendari adalah sebuah kota, tetapi memiliki areal persawahan yang terletak di Amohalo Kecamatan Baruga dan di Labibia Kecamatan Mandonga," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024