Kendari (Antara News) - Pemerintah Kota Kendari mengimbau warga agar setiap saat tanggap dan waspada terhadap bencana banjir pada musim hujan saat ini.
"Kita harus tetap waspada karena banjir tetap berpotensi terjadi. Mari kita bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan, saluran air, drainase serta sungai-sungai supaya bencana banjir yang sering terjadi, tidak terjadi," kata Sekretaris Daerah Kota Kendari Alamsyah Lotunani di Kendari, Selasa.
Ia mengatakan bencana banjir dalam skala kecil biasa terjadi di Kendari saat hujan deras beberapa jam saja.
"Tetapi banjir tersebut sifatnya hanya genangan air pada beberapa titik," katanya.
Menurutnya, kondisi itu terjadi karena fungsi sebagian drainase yang membuang air sampai ke sungai tidak maksimal akibat penyumbatan pada beberapa titik drainase.
"Penyumbatan itu bisa karena sampah yang dibuang ke selokan, bisa juga karena ada warga yang membangun sampai menutup sekolah atau membangun dekat bantaran sungai," katanya.
Untuk itu, Alamsyah mengimbau agar masyarakat selalu menjaga dan memperhatikan kebersihan lingkungannya termasuk drainase sehingga kelancaran arus pembuangan air dapat selalu terjaga.
"Kami juga meminta masyarakat untuk tidak membangun rumah di sekitar bantaran sungai karena dapat mengganggu kelancaran air," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024