Kendari (Antara News) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari menyediakan bubuk abate gratis untuk mencegah perkembangbiakan jentik nyamuk selama musim pancaroba hingga musim hujan di daerah itu.
Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, Maryam Rufiah, di Kendari, Selasa, mengatakan Dinkes telah menyediakan banyak stok bubuk abate di masing-masing Puskesmas untuk disalurkan kepada warga secara gratis.
"Kalau warga tidak mendapatkan di Puskesmas, silahkan datang ke kantor Dinas Kesehatan, kami siapkan banyak stoknya," kata Maryam.
Ia mengatakan, meningkatnya curah hujan beberapa hari terakhir, masyarakat di harapkan untuk bisa meningkatkan pemberantasan terhadap sarang nyamuk dengan cara, menguras dan menyikat tempat penampungan air, kemudian menutup rapat-rapat tempat penampungan air.
"Saya juga meminta kepada pihak puskesmas agar tidak memperjualbelikan bubuk abate kepada masyarakat. Kalau ada yang menemukan abate diperjualbelikan tolong dilaporkan kepada saya," katanya.
Maryam mengatakan, pihaknya juga mendistribusikan bubuk abate di kecamatan dan kelurahan agar memudahkan warga untuk mendapatkannya.
"Kami juga rutin membagikan bubuk abate langsung ke warga yang berada di permukiman rawan penyebaran jentik nyamuk," katanya.

Pewarta : Suprman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024