Jakarta (Antara News) - Provinsi Sulawesi Tenggara menggandeng restoran kembang gula Jakarta untuk mempromosikan keragaman kuliner di daerah itu.

"Diversifikasi kuliner Sultra sudah sangat pantas sejajar dengan kuliner khas daerah lainnya di Indonesia yang telah menasional. Sehingga kami kerja sama dengan Restoran Kembang Gula untuk promosikan kuliner Sultra di ibu kota," kata ketua Dekranasda Sultra, Tina Nur Alam, di Jakarta, Minggu.

Menurut dia, langkah pertama kerja sama tersebut adalah menggelar festival kuliner di restoran Kembang Gula pada Senin (14/12) di Restoran Kembang Gula yang akan menampilkan hasil produk kuliner dari kabupaten kota se-sultra.

"Festival Kuliner dan Kebudayaan di Jakarta ini merupakan kelanjutan dari Festival Kuliner dan Workshop Peningkatan Kualitas Penyajian dan Cita Rasa Kuliner Daerah, yang diselenggarakan Dekranasda Sultra bersama Cita Tenun Indonesia (CTI) dan Restoran Kembang Goela Jakarta November lalu," kata anggota komisi VI DPR RI dapil Sultra ini.

Tidak hanya kuliner kata Tina, sebagai fokus kerja Dekranasda pula mengangkat, mengembangkan, dan melestarikan produk kerajinan sebagai warisan budaya seperti yang telah dilaksanakan selama ini.

"Lalu melanjutkan sinergi dengan berbagai pihak untuk memberikan bimbingan teknis dan bantuan modal usaha kepada para pelaku UKM serta perajin di Sultra agar dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi produk yang berdaya saing sesuai dengan selera pasar," katanya.

Menurut dia, produk hasil pengembangan tenun Sultra bahkan telah diperagakan dalam Jakarta Fashion and Food Festival (JFFF) di Hotel Harris Jakarta, Selasa (26/5) lalu.

"Pada Festival Kuliner dan Kebudayaan ini akan ditampilkan kuliner-kuliner khas dari berbagai kabupaten dan kota di Sultra yang sebelumnya telah diseleksi pihak Restoran Kembang Goela. Lalu akan ada peragaan busana, pameran penjualan tenun, dan kerajinan daerah serta demo menenun dan perak," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024