Baubau (Antara News) - Pemerintah bersama lapisan masyarakat Kota Baubau Rabu, melakukan arak-arakan berkeliling kota dengan membawa piala adipura yang diraih daerah itu dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Wali Kota Baubau AS Tamrin yang baru menerima penghargaan piala adipura dari Wakil Presiden Jusuf Kalla 23 November 2015 di Jakarta, bersama rombongannya saat tiba di Bandara Betoambari Kota Baubau sekitar pukul 07.15 Wita, piala adipura tersebut diserahkan kepada Ketua DPRD Kota Baubau Roslina Rahim disaksikan Wakil Wali Kota Baubau Wa Ode Maasra Manarfa, Sekretaris Kota Baubau Muh Djudul dan unsur forum komunikasi pimpinan daerah.

Selanjutnya dari Bandara tersebut, Wali Kota Baubau bersama pejabat pemerintah dan lapisan masyarakat melakukan arak-arakan keliling kota untuk mensosialisasikan keberhasilan daerah itu meraih piala adipura.

Wali Kota Baubau AS Tamrin mengatakan, penganugerahan piala adipura yang diserahkan oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla merupakan kerja keras dan kerja ikhlas dari seluruh lapisan masyarakat yang telah berkontribusi dan berpartisipasi, sehingga diraihnya piala adipura itu.

"Piala adipura ini kita pahami bersama sebagai anugerah dan hadiah kepada seluruh lapisan masyarakat Kota Baubau di manapun berada dan apapun profesinya, dan menjadi kewajiban bagi kita semua untuk mempertahankan dan memelihara piala ini dengan sebaik-baiknya," ujar AS Tamrin di pelataran Kantor Walikota Baubau.

Wali kota yang pernah menjabat di lembaga Badan Pertanahan Nasional (BPN) ini menyampaikan kategori penilaian untuk memperoleh adipura itu ada tiga kelas yakni kota metropolitan, kota sedang dan kota besar, dan khusus Kota Baubau merupakan salah satu dari sembilan daerah di Indonesia mendapatkan penghargaan adipura kategori kota sedang.

Menurut dia, sejak terbentuk menjadi daerah otonom 14 tahun silam, Kota Baubau baru pertama kali memperoleh piala adipura, sehingga lanjut dia, piala adipura itu harus dipertahankan dan dipelihara untuk berkelanjutan di tahun-tahun mendatang.

"Ketika menyerahkan piala adipura ini kepada ketua DPRD Baubau adalah wujud pengejawantahan sebuah penghargaan dari presiden yang diserahkan kepadanya sebagai pimpinan pemerintah Kota Baubau yang saya persembahkan kepada masyarakat Kota Baubau," ucap Tamrin terharu.

Dia menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat yang telah bekerja sebesar dan sekecil apapun dalam upaya menciptakan satu kondisi Kota Baubau yang tertib, aman, lancar, populer dan bersih demi mewujudkan kesejahteraan rakyat sesuai visi dan misi kepemimpinan pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Baubau AS Tamrin dan Wa Ode Maasra Manarfa (Tampil-Mesra).

Menurut dia, penghargaan adipura itu tidak terlepas juga dari peran seluruh komponen masyarakat. baik pemerintah, DPRD, forum komunikasi pimpinan daerah maupun masyarakat yang menciptakan stabilitas, sebab tidak akan tercapai piala adipura itu. bila kondisi daerah tidak kondusif.

"Dengan suasana haru dan gembira ini kita merasakan kebahagiaan untuk daerah kita yang baru pertama kali menerima piala adipura ini, dan kehadiran kita semua menggambarkan sebuah kebersamaan menerima penghargaan ini," ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Baubau Roslina Rahim mengatakan, sebagai perwakilan masyarakat yang diberi kepercayaan untuk mensosialisasikan piala adipura kepada masyarakat akan dilakukan melalui konstituen, sehingga adipura itu bisa dipertahankan.

"Kami atas nama perwakilan masyarakat memberi apresiasi yang luar biasa karena sudah lama Kota Baubau tidak pernah menerima piala adipura, meskipun sebelumnya Kota Baubau sebelum menjadi daerah otonom dan masih ibu kota Kabupaten Buton pernah mendapatkan penghargaan ini. Kini adipura ini sudah kembali ke kampung kita," katanya.

Untuk itu, kata dia, penghargaan adipura merupakan wujud kerja sama antara masyarakat dan pemerintah yang ke depannya adipura itu tidak dilupakan dan harus dipertahankan dengan terus bekerja keras, kerja ikhlas dan kerja cerdas

"Tentunya ini merupakan rahmat dari Allah SWT, harapan masyarakat ke depannya dapat menjadikan sebagai motivasi karena bukan hanya adipura ini saja, tetapi masih banyak penghargaan-penghargaan lain yang harus diraih dengan terus merapatkan barisan untuk bisa meraih adipura kencana ke depan," ujarnya.

Pewarta : Yusran
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024