Kendari   (Antara) - Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, membantu para petani setempat membangun lima unit lantai jemur di wilayah itu.

"Lima unit lantai jemur tersebut diperuntukkan bagi petani yang ada di Kelurahan Baruga tiga unit dan di Kelurahan Labibia dua unit," kata Kepala Dinas Pertanian Kendari Zainal Arifin di Kendari, Selasa.

Ia mengatakan dengan bantuan itu bisa meningkatkan sarana lumbung pangan di daerah itu sehingga diharapkan semakin meningkatkan ketahanan pangan di Kendari.

"Keberadaan lantai jemur akan meningkatkan ketahanan pangan, sebab saat ini keberadaan lantai jemur di Kendari masih berstatus tradisional," katanya.

Zainal mengaku pihaknya senantiasa memberikan perhatian kepada para petani sawah di daerah itu agar bisa meningkatkan hasil produksi padi.

Pemkot Kendari kata Zainal terus berupaya untuk mempertahankan lahan persawahan atau lahan pertanian produktif di daerah itu agar tidak menjadi lahan pemukiman.

"Saat ini di Kota Kendari terdapat sekitar 850 hektare sawah yang terletak di Kelurahan Baruga dan Kelurahan Labibia. Tetapi dari luasan itu ada sekitar 115 hektare yang mengalami gagal panen akibat kekeringan," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024