Jayapura (Antara News) - Pemerintah Provinsi Papua mengalokasikan Rp1 miliar dana untuk membeli hewan kurban yang akan dibagikan kepada masyarakat melalui panitia perayaan Idul Adha.

        "Sudah dialokasikan dana sebanyak Rp1 miliar kepada panitia Idul Adha untuk beli (hewan) kurban," kata Gubernur Lukas Enembe seusai memimpin rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) di Mapolda Papua, Kota Jayapura, Senin malam.

        Gubernur Lukas menyatakan belum mengetahui berapa jumlah hewan kurban yang akan dibeli oleh panitia perayaan Idul Adha pada pekan ini. "Saya sudah kasih dana ke panitia, tapi saya tidak tahu berapa jumlah kurban yang dibelikan atau diberikan," katanya.  

        Pada pertemuan Forkompimda itu, Gubernur Lukas Enembe mengatakan siap membantu dan mengalokasika dana sebanyak Rp8 miliar lebih kepada para korban  insiden Tolikara yang terjadi pada pertengahan Juli lalu untuk mengisi rumah kios mereka, selain bantuan dari pemerintah pusat lewat Menko Polhukam dan Pemerintah Daerah Tolikara.

        Sementara itu, secara terpisah Ustad Ali Mochtar dari Tolikara mengatakan, telah menerima kurang lebih 30 ekor sapi kurban untuk perayaan Idul Adha.

        "Itu sumbangan dari Bupati Tolikara Usman Wanimbo, Pemprov Papua dan Ormas Islam di Jakarta, juga beberapa pihak. Sementara ada juga sumbangan kurban sapi dari Presiden GIDI Dorman Wanimbo, Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw dan Pangdam Cenderawasih Mayjen TNI Hinsa Siburian serta Bupati Mamberamo Tengah R Ham Pagawak senilai Rp500 juta," katanya.

        Ali Mochtar memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah begitu peduli dengan warga muslim di Tolikara.  "Kami ucapkan banyak terima kasih, harapannya kerukunan terus terjaga dengan baik," katanya.

Pewarta : Oleh Alfian Rumagit
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024