Kendari (Antara News) - Wali Kota Kendari, Asrun mengajak wartawan untuk mendukung program pemerintah daerah itu yakni "Kendari Kota Hijau atau Green City".

"Untuk menciptakan Kendari `green city`, maka tidak hanya menjadi tugas pemerintah, tetapi merupakan tanggung jawab semua elemen masyarakat termasuk para jurnalis," kata Wali Kota Kendari Asrun saat membuka dialog dan kampanye "Green City" yang diselenggarakan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) di Kendari, Selasa.

Menurut dia, semua kota di dunia mengidamkan kota hijau karena begitu susahnya mendapatkan ruang terbuka hijau di tengah berkembangnya sebuah kota.

"Sehingga perlu adanya tindakan nyata dari semua elemen masyarakat untuk mewujudkan program Kendari Kota Hijau," katanya.

Menurut Asrun, mewujudkan kota hijau tidak cukup hanya sekedar imbauan atau perintah, tetapi harus turun langsung di lapangan dengan memberikan contoh kepada masyarakat.

Sementara itu Ketua AJI Kendari, Zainal A. Ishaq mengatakan, dialog dan kampanye green city tersebut sebagai salah satu bentuk dukungan jurnalis terhadap program pemerintah Kota Kendari yakni green city menuju Kendari "Kota Layak Huni".

Pada kesempatan itu, Wali Kota Kendari juga menyerahkan penghargaan kepada lima jurnalis lokal yang mendapatkan juara dalam lomba menulis tentang isu lingkungan yang diselenggarakan AJI Kendari.

Lima jurnalis tersebut adalah Ekho Ardiyanto (LKBN Antara) sebagai juara kesatu, Badaruddin (SKH Buton Pos) juara kedua, Irman (SKH Berita Kota) juara ketiga, Restu (Zonasultra.com) sebagai harapan kesatu dan Harun (SKH Kolaka Pos) harapan kedua.

Pewarta : Oleh Suparman
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024