Kendari (Antara News) - Pemerintah Kota Kendari saat ini berperan aktif dalam membantu para pelaku usaha kecil menengah (UKM) kerajinan rotan untuk pemasaran dan mempromosikan hasil produk kerajinan di tingkat nasional.
"Promosi yang dilakukan antara lain dengan mengikuti beberapa pameran, baik pameran skala daerah maupun pameran skala nasional," kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kendari, Syam Alam, di Kendari, Senin.
Melalui promosi seperti itu, kata Syam Alam, diharapkan akan banyak pembeli dari kalangan usahawan yang tertarik untuk membeli hasil produk kelompok industri kerajinan rotan di Kendari dalam jumlah banyak.
"Harapan kami, dengan promosi yang kami lakukan itu, maka para pengusaha besar akan tertarik untuk membeli hasil produk para kelompok industri kerajinan rotan di Kendari," katanya.
Menurut dia, kerajikan rotan memiliki prospek ekonomi yang sangat menjanjikan di daerah itu, sehingga pihaknya senantiasa mendorong para pengrajin di daerah itu untuk mengembangkan produksi kerajinan rotan.
"Kerajinan rotan ini bisa meningkatkan kesejahteraan anggota kelompok pengrajin di daerah ini. Asalkan ada saling dukung antara masyarakat pengrajin dan pemerintah. Pemerintah memasarkan sedangkan pengrajin fokus tingkatkan produksi," katanya.
Ia menyebutkan, hasil produk industri kerajinan rotan yang banyak diminati selama ini seperti rak piring, meja, kursi, almari, dan beberapa bentuk produk lainnya.
Dijelaskan, agar hasil produksi pengrajin bisa bersaing dengan produk daerah lain, katanya, maka pihaknya juga terus gencar melakukan pembinaan dan pelatihan terhadap kelompok usaha kerajinan rotan di daerah ini, agar hasil produksi mereka bisa meiliki kualitas yang baik.
"Kalau kualitas produksi kita baik, pasti akan bayak pengusaha besar untuk membeli produk kita, dan pemasarannya juga mudah sebab bisa bersaing dengan produksi dari daerah lain," katanya.

Pewarta : Oleh Suprman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024