Kendari (Antara News) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Kendari meminta pemerintah setempat segera mengantisipasi kemungkinan beredarnya atau masuknya beras plastik ke daerah itu.

"Pemkot melalui dinas terkait harus melakukan pengawasan di sejumlah pasar tradisional maupun toko swalayan," kata Ketua DPRD Kendari, Abdul Razak, di Kendari, Kamis.

Meskipun belum ada laporan langsung dari masyarakat terkait beras palsu, kata Razak, namun pemerintah harus mewaspadainya dan meyakinkan warga Kendari bahwa daerah ini bebas peredaran beras palsu.

"Jangan menunggu laporan atau temuan dari masyarakat baru mulai beraksi, tetapi harus turun secepatnya melakukan pemantauan di tingkat pedagang," katanya.

Razak juga meminta kepada masyarakat agar lebih waspada dalam membeli beras, dan segera melaporkan kepada pihak berwenang jika menemukan adanya beras plastik beredar di pasar.

"Seperti kita saksikan pemberitaan di media massa, beras palsu itu sudah ditemukan beredar di daerah Jawa. Tidak menutup kemungkinan bisa masuk ke daerah ini," katanya.

Razak juga meminta, Pemkot harus berkoordinasi dengan pihak terkait untuk melakukan pengawasan bersama agar mudah melacak keberadaan beras plastik tersebut.

Pewarta : Oleh: Suparman
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024