Andoolo (Antara News) - Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) mulai tahun 2015 merencanakan membangun 600 unit rumah murah sebagai tindak lanjut program sejuta rumah untuk masyarakat di daerah.
Bupati Konawe Selatan, Imran di Andolo, Ibu Kota Konawe Selatan, Minggu mengatakan, tahap pertama di tahun 2015 akan dibangun 250 unit dengan lahan yang sudah disiapkan oleh salah satu perusahaan pengembang PT. Putra Uwako dengan lahan seluas 7,4 hektare, dan sisanya secara bertahap selama kurun wakru 3-5 tahun kedepan.
"Karena program ini merupakan program nasional, dan disubsidi pemerintah, maka yang berhak untuk mendapatkan rumah tersebut adalah masyarakat di Konawe Selatan yang memang belum memiliki rumah tinggal dengan harga yang terjangkau," ujarnya.
Imran mengatakan, sebagai bukti keseriusan pihak pengembang untuk membangun rumah murah tersebut, pada Sabtu (2/5) telah dilakukan pencanangan peletakan batu pertama yang dihadiri seluruh pejabat Pemkab dan legislatif di daerah itu.
Ia mengatakan, pencangan pembangunan rumah murah dengan tipe rumah 36 itu, sekaligus kado pemerintah daerah yang bertepatan genap 12 tahun lahirnya Kabupaten Konawe Selatan pada tanggal 2 Mei 2003, sebagai daerah otonomi baru yang pisah dari induk Kabupaten Konawe.
Bupati minta instansi yang terlibat dalam program rumah murah tersebut, agar dapat bekerja bersama dengan pihak pengembang dalam hal pengawasan terhadap pembangunan rumah tersebut.
"Saya minta agar pihak pengembang tidak sekadar mengejar proyek, tetapi harus dijaga kualitas bangunan sesuai yang diharapkan pemerintah," ujar Bupati Konsel yang pada Agustus 2015 akan mengakhiri masa jabatannya dua periode memimpin Konawe Selatan bersama Wakil Bupati Konsel Sutoarjo Pondiu.
Ia mengatakan, dalam pelaksanaan program pembangunan sejuta rumah itu, pemerintah hanya menyediakan fasilitas jalan, listrik dan air minum. sementara pihak pengembang menyediakan lahan, dan membangun perumahan serta fasilitas umum lainnya,
Pembangunan rumah murah tersebut dipusatkan di Kota Andolo yang tempatnya sangat strategis dan berada di jantung kota karena hanya sekitar 400-500 meter dari pusat kantor Bupati Konawe Selatan.

Pewarta : Oleh Abdul Azis Senong
Editor :
Copyright © ANTARA 2024