Kolaka (Antara News) - Pemerintah Kabupaten Kolaka mengajukan pinjaman dana sekitar Rp150 miliar kepada Pusat Investasi Pemerintah (PIP) untuk membenahi pembangunan infrastruktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) setempat.

Wakil Bupati Kolaka Muhammad Jayadin di Kolaka Kamis mengatakan, Pemkab Kolaka sudah mengajukan permohonan pinjaman dana kepada PIP khusus untuk pembenahan PDAM. "Tahun ini juga kita upayakan dana itu cair agar permasalahan air bersih bisa teratasi dengan cepat di daerah ini," ujarnya.

Jayadin menjelaskan , infrastruktur "intake" PDAM yang ada saat ini akan dipindahkan ke Kelurahan Mangolo yang mempunyai sumber air baku yang masih besar.

Selain itu, kata dia, semua jaringan perpipaan juga akan dibenahi, sehingga konsumen air PDAM di Kolaka bisa menikmati air bersih. "Khusus perpipaan, tidak semuanya akan diganti, kecuali pipa yang sudah tidak layak pakai lagi harus diganti," katanya.

Jayadin minta masyarakat, khususnya konsumen air PDAM agar bersabar karena program pembenahan infrastrutkur pengelola air bersih ini sedang berjalan.

Pewarta : Oleh: Darwis Sarkani
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024